Sabtu, 15 Mei 2010

RPP IPA TINI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMK CENDIKIA

Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)

Kelas/Semester : X / 1

Pertemuan ke : 1

Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran

A. Standar Kompetensi : Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

B. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi obyek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik.

C. Indikator :

· Langkah-langkah metode ilmiah diijelaskan dan masing-masing diberikan contohnya

· Gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar diidentifikasi secara cermat dan masalah yang ditemukan dirumuskan dengan jelas.

· Hipotesis disusun sebagai solusi terhadap masalah yang telah dirumuskan. Rumusan hipotesis memperlihatkan hubungan antar variabel.

· Rencana penelitian disusun dengan varibel-variabel (manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, prosedur, cara pengumpulan data dan mengolah data diuraikan dengan jelas.

· Variabel-variabel penelitian diperlakukan dan diukur dengan teliti/akurat, diolah serta simpulan yang dibuat sesuai dengan data.

· Laporan penelitian ditulis, dikomunikasikan dan hasilnya dipertahankan dengan argumentasi yang sesuai.

D. Tujuan Pembelajaran :

· Siswa dapat menjelaskan langkah-langkah metode ilmiah beserta masing-masing contohnya

· Siswa dapat mengidentifikasi gejala-gejala alam biotik di lingkungan sekitar secara cermat dan merumuskan masalah yang ditemukan dengan jelas.

· Siswa dapat menyusun hipotesis sebagai solusi terhadap masalah yang telah dirumuskan dengan memperlihatkan hubungan antar variabel.

· Siswa dapat menyusun rencana penelitian dengan variabel-variabel (manipulasi, respon, dan kontrol) yang akan diukur, dan dapat menguraikan dengan jelas prosedur, cara pengumpulan data dan mengolah data.

· Siswa dapat memperlakukan dan mengukur pengolahan variabel-variabel penelitian dengan teliti/akurat, serta membuat kesimpulan yang dibuat sesuai dengan data.

· Siswa dapat menulis dan mengkomunikasikan laporan penelitian dan mampu mempertahankan hasilnya dengan argumentasi yang sesuai.

E. Materi Pokok

· Metode ilmiah

· Perumusan masalah

· Perumusan hipotesis

· Perancangan penelitian

· Pelaksanaan penelitian

· Pelaporan penelitian

F. Metoda Pembelajaran

· Guru menerangkan tentang: metode ilmiah, cara-cara identifikasi langkah-langkah ilmiah berikut contohnya

· Guru dan siswa melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar (perilaku maupun keadaan hewan, tumbuhan, dan mikroorgamisme baik pada individu maupun dampak dari perilaku individu itu. Misalnya, luruhnya bunga sebelum waktunya pada tanaman tertentu, hilangnya populasi katak di suatu kawasan, dsb).

· Diskusi kelompok untuk:

o Merumuskan masalah dari temuan gejala alam biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas selanjutnya.

o Melengkapi informasi, baik dengan melakukan pengamatan yang lebih cermat di lokasi sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi pustaka di perpustakaan/ internet.

o Informasi itu selanjutnya digunakan untuk membuat hipotesis.

o Menyusun rencana penelitian.

· Melakukan penelitian sesuai dengan rencana yang disusun.

· Mengkomunikasikan hasil penelitian.

G. Langkah-langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal:

1. Guru dan siswa berdoa bersama

2. Absensi kehadiran siswa

3. Guru memberikan pendahuluan tentang apa yang akan dibahas

Kegiatan Inti:

1. Guru menerangkan tentang metode ilmiah berikut identifikasi langkah-langkah ilmiah beserta contohnya.

2. Guru memberikan bimbingan dalam melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar.

3. Guru dan siswa melakukan pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar.

4. Guru dan siswa membahas hasil pengamatan gejala alam biotik di lingkungan sekitar.

5. Membuat kelompok kerja siswa yang terdiri dari 6 orang dan melakukan diskusi untuk:

· Merumuskan masalah dari temuan gejala alam biotik di lingkungan sekitar sebagai isyu yang perlu dibahas.

· Membuat rencana dalam hal melengkapi informasi, baik dengan melakukan pengamatan yang lebih cermat di lokasi sesuai dengan masalah yang dirumuskan, ataupun studi pustaka di perpustakaan/internet.

· Membuat hipotesis

· Menyusun rencana penelitian.

· Memberikan batasan pokok bahasan masing-masing kelompok dengan tema:

Ø Flu Burung

Ø HIV/AIDS

Ø SARS

Ø Demam Berdarah

Ø Malaria

Ø Diarhae

Ø Rabies

Penutup:

1. Membuat rangkuman tentang apa yang telah dipelajari.

2. Memberi PR.

3. Memberikan tugas kelompok yang telah dibentuk selama kegiatan inti berupa penyusunan makalah untuk dikumpulkan dan dalam keadaan siap didiskusikan pada pertemuan berikutnya.

4. Guru dan siswa berdoa bersama.

H. Sumber dan Media Pembelajaran

1. Lingkungan

2. Buku sumber

3. Internet

I. Evaluasi

1. Tuliskan dan jelaskan langkah-langkah ilmiah dalam melakukan sebuah penelitian.

2. Jelaskan bagaimana umumnya proses terjadinya penyebaran suatu penyakit.

3. Jelaskan bagaimana umumnya langkah-langkah pencegahan terjadinya penyebaran/ penularan suatu penyakit

BENTUK MAKALAH:

COVER

DAFTAR ISI

A. PENDAHULUAN

B. METODE ILMIAH

1. TEORI

2. DATA/INFORMASI KASUS

C. LATAR BELAKANG MASALAH

D. HIPOTESIS

E. HASIL PENELITIAN

1. RANCANGAN PENELITIAN

2. PELAKSANAAN PENELITIAN

F. KESIMPULAN


Tasikmalaya. 200

Kepala SMK CENDIKA

Guru Mata Pelajaran



Drs. Wawan Wahyudin, M.Si

KARTINI, S.Pd

NPC. 09.PC.002


Tidak ada komentar:

Posting Komentar